Selasa, 12 April 2011

Yuk Kenali Apa Itu Open Source

0 komentar
Pada Postingan Pertama kali diblog ini, saya akan memperkenalkan sedikit tentang open source. Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa yang dinamakan dengan open source, tapi bagi segelintir orang yang bergelut di dunia TI (Teknologi informasi) pasti itu adalah hal yang lumrah. Tetapi, tidak semua orang yang menggeluti dunia TI mengetahui apa yang dinamakan open source, yaaaa contohnya saya sendiri. Hehehe <span class="hidenpost">Saya tidak tahu sama sekali apa itu open source sebelumnya .Tapi lucunya tanpa disadari ternyata saya sering menggunakan software dari open source ibarat kata “Kenal tapi tak tau namanya”. Setelah saya sharing dengan guru TI di sekolah dan bertanya kepada teman, saya mendapat beberapa informasi mengenai open source, dan saya coba mencari informasi mengenai open source dari berbagai sumber online. Secara garis besar saya mendapatkan informasi bahwa open source itu adalah gratis dan saya dapat menyimpulkan, bahwa: Open Source atau bisa disebut juga dengan perangkat lunak bebas adalah sebuah sistem baru dalam membagikan software kepada pengguna dengan memberikan program dan source codenya secara gratis (enak banget tuh). Bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi (mengembangkan, menambah, mengurangi, script yang sudah ada didalamnya) untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh penggunanya. Berbagi hal-hal yang bermanfaat kepada sesama adalah hal yang mulia, dan justru akan menambah pengetahuan kita. Ibarat kata, kalau harta kita bagikan, bisa dibilang harta itu akan habis. Tetapi, kalau ilmu yang kita bagikan niscaya tidak pernah habis ilmu yang kita miliki, justru akan semakin memperkuat bahkan menambah pengetahuan kita serta pengalaman kita, maka itu akan menjadi amal jariyah kita yang terus menerus mengalir tak akan pernah habis sampai hari kiamat. AaaMiiiN (Ciyee, sok jadi ustadz niii) hehe</span>

0 komentar:

Posting Komentar